Blog Gue Rasa ingin tahu saya tentang sunatan wanita "Female Genital Mutilation"(FGM) mengantar saya ke berbagai website. Apa sebetulnya yang terjadi pada waktu FGM kalau tidak dilakukan secara simbolis? Berikut ini yang saya pelajari dari internet.

1. Ada empat klasifikasi sunatan wanita menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO). Tipe pertama pemotongan sebagian atau keseluruhan klitoris. Tipe kedua pengambilan klitoris dan bibir dalam kelamin wanita. Tipe ketiga pengambilan semua bagian dalam maupun luar alat kelamin wanita, bahkan sering diikuti dengan penjahitan dan menyisakan lubang kecil untuk buang air.  Tipe keempat bisa mencakup beberapa aktivitas seperti tusukan atau pemotongan simbolis pada klitoris atau bibir dalam sampai pemotongan untuk pelebaran. WHO mengatakan bahwa 85% wanita yang disunat mengalami sunat tipe I dan II dan 15% mengalami tipe lainnya.

2.Sunatan wanita masih dilakukan di berbagai negara di Afrika, Jazirah Arab, Asia, dan bahkan di Amerika, dengan tipe yang berbeda-beda. Yang paling biasa dilakukan adalah sunatan tipe I dan II. Menurut Wikipedia, “Sunatan wanita juga masih dipraktekkan di Indonesia, tetapi sebagian besar secara simbolis dengan menusuk klitoris atau bagian atas klitoris hingga berdarah.”

3. Ketiga, ada berbagai alasan mengapa suatu masyarakat mempraktekan sunatan wanita. Masyarakat di Mesir, Mali, dan Republik Afrika Tengah, misalnya, memiliki alasan berikut ini: tradisi yang baik, tuntutan agama, kebersihan/kesehatan, mempertahankan keperawanan, prospek pernikahan yang lebih baik, meningkatkan kenikmatan seksual bagi laki-laki, dan pencegahan perbuatan serong. 

4. Sunatan wanita mulai dilarang di berbagai negara karena berbagai alasan termasuk pelanggaran hak azasi manusia, kurangnya persetujuan dari pihak wanita, serta resiko kesehatan. Tahun 1982 Swedia membuat undang-undang yang melarang sunatan wanita. Tindakah ini disusul oleh Selandia Baru, Australia, dan Kanada. Inggris tak ketinggalan melarang FGM pada tahun 1985 dan Amerika serikat pada tahun 1997. 
Semoga informasi ini berguna untuk memberikan yang tepat bagi putra-putri kita.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

    Followers

    Tukar Link