Blog Gue - Pohon jengkol tergolong pohon yang tinngi dan besar bayangkan saja tingginya mencapai 10 sampai 26 meter dan buahnya berupa polong gepeng berwarna coklat kehitaman, biji jengkol ini lah yang bisa untuk dikonsumsi,kebanyakan jengkol diolah menjadi semur atau keripik. Jengkol yang berwarna kuning karena jenis ini merupakan jengkol yang tua dan enak serta lezat untuk disantap,


popularitas buah jengkol memang tidak seperti buah kebanyakan, bahkan banyak juga orang yang memangdang sebelah mata pada si jengkol bukan karena baunya tapi karena gizinya. Kenyataannya buah berbau yang dikenal juga dengan nama "jaring" ini kaya nutrisi dan bergizi tinggi, sejumlah penelitian membuktikan. Jengkol kaya akan karbohidrat, protein, minyak adsiri, glyicotsida, vitamin A, vitamin B, vitamin C, Vosfort, dan kalsium, bahkan kandungan protein jengkol masih lebih tinggi dibanding tempe padahal tempe dikenal sebagai sumber nabati berprotein tinggi.


Namun didalam jengkol juga terdapat komponen larut air yang dapat menurunkan gula darah yang dalam bahasa kimia biasanya disebut Terponoit, alkaloit, saponin dan sebagainya. Ini sebenarnya komponen yang dengan mudah bisa larut dengan air dan komponen-komponen tersebutlah yang diduga dapat membantu dan menurunkan kadar gula darah. Kelebihan lainnya adalah jengkol kaya akan kalsium yakni 140 miligram angka ini terbilang mengingat kalsium sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi serta proses biologis tubuh, itu artinya jengkol juga baik dikonsumsi untuk anak-anak dan para penderita anemia. Namun perlu diingat pertumbuhan organ tubuh anak-anak yang belum sempurna masih sering kesulitan mengolah nutrisi yang sulit terurai termasuk jengkol, dagingnya yang alot dan cenderung padat harus diolah dengan baik dan benar supaya selain nikmat khasiat nutrisi jengkol bisa dirasakan oleh tubuh sikecil. Ternyata buah yang suka membuat penikmatnya bau mulut ini ternyata bergizi tinggi, jadi tidak heran jengkol punya banyak peminat.

Tinggalkan Komentar Anda Disini

    Followers

    Tukar Link